Selasa, 05 Februari 2019

Eri Setiawan | Februari 05, 2019 | |
Mengenal Pemrograman Pascal


Pascal merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang diciptakan oleh Professor Nikalus Wirth, nama pascal diambil dari ahli matematika prancis abad pertengahan yaitu Blaise Pascal hingga saat ini pascal masih sering digunakan sebagai pengantar untuk yang baru terjun di dunia pemrograman.

Pascal sendiri relatif mudah dipelajari terutama untuk pemula, karena bahasa pascal menggunakan istilah bahasa inggris sehari-hari untuk syntax penulisannya seperti begin,while,end,goto dll. Pascal menggunakan konsep pemrograman prosedural.

Dimana setiap kode dibaca dari atas kebawah, dan diperlukan sebuah deklarasi terlebih dahulu seperti deklarasi variabel,konstanta,prosedur,fungsi dan masih banyak lagi. Pascal memiliki IDE untuk pengembangan software yang berbasis GUI atau berbasis grafik, IDE ini sendiri bernama Borland Delphi, IDE ini memiliki licensi dimana kita harus membayar untuk dapat menggunakannya.

Namun terdapat alternatif lain yaitu menggunakan Lazarus, IDE ini merupakan software open source dimana kita bisa menggunakannya secara gratis tanpa harus membayar, lazarus sendiri bisa dibilang delphinya linux (sistem operasi open source) tapi lazarus bisa juga diinstal di windows.

Untuk membuat software berbasis CLI/berbasis teks bisa menggunakan Turbo Pascal namun sama seperti delphi software ini berbayar alternatif yang bisa digunakan adalah Free Pascal, software ini hampir sama fungsinya dengan Turbo Pascal dan hingga saat ini masih terus dikembangkan lain hal dengan Turbo Pascal yang sudah berhenti dikembangkan sejak lama.

Bagi kalian yang ingin mempelajari bahasa Pascal di blog sederhana ini akan segera menyediakan tutorial untuk mempelajari bahasa Pascal dengan mudah, silahkan pantau terus blog sederhana saya ini untuk mendapatkan ilmu seputar pemrograman ataupun teknologi.

Sekian dulu untuk pembahasan mengenai bahasa Pascal, nantikan terus update-tan selanjutnya :-)

Related Posts

Mengenal Pemrograman Pascal
4/ 5
Oleh