Sabtu, 04 April 2020

Eri Setiawan | April 04, 2020 | |
Perbedaan Statement dan PreparedStatement Pada Java

Mamangeri | Logo Java

Halo teman-teman jumpa lagi dengan blog saya ini. Kali ini saya akan menjelaskan perbedaan antara objek Statement dan PreparedStatement di Java. Sebetulnya yang sudah lama mendalami bahasa Java pasti tahu tentang kedua objek tersebut, namun belum tahu perbedaannya. Nah.. maka dari itu mari simak penjelasan berikut ini.

Statement

Objek Statement digunakan untuk memanipulasi database yang menggunakan query statis. Query statis merupakan query yang tidak mengandung parameter di dalamnya serperti SELECT. Query ini biasanya digunakan untuk menampilkan data dari tabel.

PreparedStatement

PreparedStatement digunakan untuk manipulasi database yang menggunakan query – query dinamis seperti INSERT, UPDATE, dan DELETE.  Kebalikan dari Statement yang menggunakan query statis. Query dinamis adalah query SQL yang memiliki parameter. Parameter ini adalah nilai yang dimasukkan atau dikirimkan kepada database pada saat query tersebut di eksekusi. Pada Java parameter di representasikan dengan tanda tanya “?” jadi untuk mengidentifikasi secara mudah query dinamis adalah query yang ada tanda tanya-nya.

Nah.. itulah tadi sedikit penjelasan perbedaan antara Statement dan PreparedStatement. Semoga selalu bermanfaat bagi yang membutuhkan. Sekian dan terimakasih untuk artikel kali ini.

Related Posts

Perbedaan Statement dan PreparedStatement Pada Java
4/ 5
Oleh